Aplikasi Paket Apache Web Server, PHP, MySql, dan PhpMyAdmin

Ada beberapa cara menginstal Apache web server, PHP, MySql, dan PhpMyAdmin di komputer, namun yang termudah adalah dengan menggunakan aplikasi yang telah berisi paket-paket tersebut.

Beberapa aplikasi populer yang sudah membundel semua kebutuhan dasar untuk membuat web server sendiri diantaranya adalah Xampp, EasyPHP, Server2go, Appserv, Wamp, Usbwebserver, PAMP (Personal Apache MySQL PHP), Mp3Amp, Lamp, dan Bitnami. Selain aplikasi-aplikasi tersebut, masih banyak aplikasi serupa lainnya. Sebagian besar berjalan pada sistem operasi windows, namun ada juga aplikasi untuk linux maupun ponsel Symbian.

Cara instalasi terbilang mudah, bahkan beberapa diantaranya tidak perlu diinstal karena memang dibuat dalam format portabel dan bisa dijalankan melalui flashdisk, jadi tinggal menyalin file-file nya kemudian menjalankan file eksekusi.

Dengan berbekal salah satu aplikasi tersebut, kita sudah bisa membuat server website di komputer sendiri, lazim disebut dengan localhost atau local web server.

Sebenarnya, berbekal salah satu aplikasi tersebut, server di komputer sudah bisa digunakan untuk membuat web atau blog yang bisa diakses melalui internet dari seluruh dunia. Tapi untuk itu masih dibutuhkan Public IP Address. Sayangnya, penyedia jasa internet atau provider di Indonesia dengan biaya langganan yang murah tidak memberikan public IP bagi pelanggannya. Setidaknya untuk saat ini.

Sangat wajar hal itu dilakukan untuk mengakali terbatasnya jumlah public IP saat ini.